Friday, June 22, 2012

Contoh Teater komedi


Di suatu kerajaan, hiduplah seorang raja dan ratu yg baik hati tidak sombong dan suka menabung. suatu hari, ratu yg sedang mengandung 7 Bulan bertanya pada raja di taman lawang.., eh.., salah Taman kerajaan.

Ratu :”kanda, jika anak yg ku kandung nanti adalah seorang pria, apa yg kau lakukan kanda?”
Raja :”Aku akan menjadikanya Raja sebagai penggantiku kelak,”
Ratu :”tapi jika anak yg dikandunganku adalah Perempuan, apa yg kau lakukan kanda?”
Raja :”Aku akan menerimanya dengan lapang dada, walau sedikit kecewa.”
Ratu :”hmmmm..,Tapi jika dikandunganku adalah seorang Waria, bagaimana kanda?”
Raja :”Seleketep,!!!”

                Setahunya Ratu tentang semua itu, ia segera memanggil patihnya dan menyuruhnya untuk memanggil seorang Peramal untuk meramal bayi yg ada dikandunganya.

Ratu    :” Patiiih..,!!! aku mau minta tolong?”
Patih  :”apa yg mulia?”
Ratu       :”tolong panggilkan Peramal untuk meramal bayi didalam kandunganku,!!!”
Patih  :”oh.., iya yg mulia, Hamba laksanakan”

                 Akhirnya sang patihpun bergegas untuk mencari peramal, setelah beberapa saat ia pun menemukanya, dan membawanya kekerajaan.

Patih  :”maaf menunggu lama”
Ratu       :”tidak apa, diakah peramalnya, bolehkah aku bicara berdua denganya
Patih  :”baik yg mulia”
     
                Selepas itu akhirnya yg mulia segera bertanya kepada peramal tersebut.

Ratu                       :”Peramal? Aku ingin menanyakan kepadamu, tentang bayi yg ada dikandunganku ini laki-laki     ataukah perempuan?”
Peramal:”ow.., itu gampang cyiiiin.., (Nengnangnongneng) Baby you Laki cyiin..,
Ratu                                       :”Benarkah? , syukurlah jika memang benar,”
Peramal:”masak ekkee bohong siih cyyiiiin cucyok dech,”
Ratu                       :”Hmmmz..,?(Penasaran)”
Peramal:”Sekong dech, kan ekke jawara banci taman lawang cyyiiiin..,”
Ratu                       :”okelah kaloq begeto, Loe guwe end..,! ini 100 keping emas untukmu,”
Peramal:”yg mulia rumpi’ dech, matur thank you cyiiin.Bye bye see you later, mmmmuaaach”

                Sang ratupun senang dan eennneeeek pada peramal tersebut, tetapi ia ingin mengabari raja tentang kabar tersebut.

Ratu   :”kandaaaaaaaaa? “
Raja    :”apa?”
Ratu       :”ada yg baru’ lhoeee,?”
Raja    :”apa?”
Ratu       :”anak kita pria”
Raja    :”haaaa?.., Waria???”
Ratu       :”lu budek ya? Apa susahnya ngomong, pria ga’ bisa ,waria bisa”
Semua:”Ratu maafin Raja yyaaaach.?”
Raja    :” sudaaa makan dulu zannnaaah ada tahi ayam special tuuch,”
Ratu       :” Sudah Semuanya pergi ngapain siiich ikut-ikutan..,?”

Raja    :“Selamat ya dinda, atas kabar bahagia ini”
Ratu       :”ya kanda”

             Tanpa disengaja sang patih yg tahu pembicaraan tersebut cepat cepat ingin mengetahui anak yg dikandung istrinya, dan ia dan istrinya langsung mengahampiri Peramal tersebut

Patih      :”Tunggguuuuu dulu”
Peramal:”ada apa lagi cyiiin,rumpi’ deeech?”
Patih                      :”cepat kau ramal anak dalam kandungan istriku ini?”
Istri patih:”iya cepat peramal?”
Peramal:”baik cyiiin cepat nich aku lagi banyak job niiich, jangan sekong yya cyyiiin”
Patih      :”ya loe itu yang sekong, cepat ramal istriku!”
Peramal:”tolong dibantu ya cyiiin, bim salala bim bim salala,hmmmz salah mantra nich?”
Patih      :”yg benar aja cepat nich!”
Peramal:”dibantu ya bim salabim aja apa prok prok prok?” hmmzz ternyata anaknya perempuan.”
Patih      :”Istriku bagaimana jika kita menukar anak ini dgn anak yg mulia?”
Istri patih:”hmmmz iya biza itu biza, boleh itu boleh!”
Patih      :”Peramal banci? Bisakah loe tuker bayi gua dengan bayi yg mulia?”
Peramal:”gimana ya cyiii, tergantung honor nich?”
Patih      :”oke ini 150 keping emas untukmu”
Peramal:”ah.., terlalu sedikit, aku tidak mau”
Patih      :”gini dech 500 keping emas, gimana”
Peramal:”kurang cyiin,”
Patih      :”mau loe berapa?”
Peramal:”50 keping aja cyiiin lumayan buat beli make up!”
Patih      :”huft, sabaaarrr, ini 50 keping emas untukmu?”
Peramal:”ya udah bisa, bye bye.., mmmmuuuuuuach”

             2 bulan berlalu, sang peramal tersebut telah menukar bayi yg mulia dgn bayi milik patih,dan akhirnya yg mulia shock karena anak yg ia lahirkan ternyata perempuan, dan ia pun tewas seketika, sebelum wassallam, ratu sempat berpesan kepada raja.

Raja:”ratu.., jangan tinggalkan aku disini”
Ratu:”maaf kanda tapi aku sudah tidak kuat lagi, aku ingin anak kita nanti dinamakan sekar taji”
Raja:”Baik ratu.., tapiii jangan tinggalkan aku, ratu..,?ratu..,? (Rhyme in peace)

              Disisi lain istri patih senang karena anaknya laki-laki, tapi ia merasa bersalah atas semua itu,
       Lalu iapun menitipkan anak itu pada nenek dan kakek.

Patih      :”yuuuhhhhuuuuuu spaadaaa any body home?”
Kakek                    :”eh.., kmu?, tumben kmu kesini..,?”
Patih      :”Aku kesini untuk menitipkan anak ini pada kakek”
Kakek                    :”Anak siapa itu?”
Patih      :”ini anak ku kek!”
Kakek                    :”Oh.., rupanya kmu sudah punya anak yya, baik aku terima,”
Patih      :”Trima kasih kek. Aku pulang dulu”
     
           Kakek nampak senang dengan kelahiran anak itu, iapun bergegas menemui nenek                  untuk memberi tahu tentang anak itu,tapi kakek lupa tanya siapa nama anak itu.


Kakek    :”Nek.., coba liat ini”
Nenek:”anak siapa itu kek, kok unyu beud”
Kakek    :”ini cucu kita”
Nenek:”siapa namanya kek”
Kakek    :”hmmzz aku lupa bertanya kepadanya?”
Nenek:”bagaimana jika Onde-onde lumut..,!”
Kakek    :”hmmmzzz,,, bagaimana jika lumut goreng”
Nenek:”ahaaa.., aku tahu, kita beri nama ande-ande lumut saja”
Kakek    :”ok!”

            20 tahun kemudian, pada suatu hari raja sedang berburu di hutan, seketika ada perempuan cantik yg sedang mencari kayu bakar.

Raja    :”(pandangan Pertama) “Permisi nyonya? Bolehkah saya numpang cek in dirumah anda?”
Janda :”maaf anda siapa”
Raja    :”Saya adalah raja dari Mbeteng city
Janda :”(dag dig dug) waaawww keerrrreenz, oh ya boleh..,”
Raja    :”trima kasih tapi ngomong-ngmong siapa nama nyonya?(masih gadis atau sudah janda)”
Janda :”Saya janda kembang biru, dan aku sudah mempunyai 3 anak

          Keesokan harinya, Raja pun mempersunting janda 3 anak itu, dan rajapun membawanya pulang ke kerajaan, sesampainya dikerajaan raja segera memperkenalkanya kepada Sekar taji.

Raja    :”sayang.., ini adalah ibu barumu nak”
Sekar :”Salam hormat ibunda”
Janda :”Kuterima salammu sekar, perkenalkan ini kakak-kakak barumu”
 K.merah:”aku klenting merah aku yg paling cute diantara saudara-saudaraku”
 K.ungu :”aku klenting ungu aku yg paling manis diantara saudara-saudaraku”
 K.hijau :”aku klenting hijau aku yg paling Unyu-unyu diantara saudara-saudaraku”
Sekat taji:”salam hormat kakak-kakaku”
Raja       :”patiiih”
Patih      :”iya, ada apa yg mulia?”
Raja       :”tolong antar mereka ke kamarnya masing-masing,”

         Setelah janda dan ketiga anaknya itu dibawa oleh patih ke kamarnya. Mereka merasa kagum dan nampak merencanakan sesuatu.

K.merah:”wauuw.., keerrreeenz”
K.Ungu :”iya.., aku ingin memilikinya”
K.hijau  :”ya betul betul betul”
Janda    :”Tenang saja semua akan menjadi milik kita, sebentar lagi kita akan berkuasa.
K. ungu :”iya ibu, aku setuju.”
K.merah:”i agree with you”
Janda    :”hahahahaha”

         Beberapa hari telah berlalu, raja dan patihnya ingin keluar kota untuk urusan penting, setelah raja pergi , janda dan 3 anaknya mulai menyiksa Sekar taji.

Janda    :”Semua masuk ke istana”
K.merah:” OK bu.., capcus”

K.Ungu :”hei nama kamu terlalu bagus Sekar, gimana kalau kita ganti menjadi Klenting kuning”
K.Hijau  :”iya.., iiiuuuuuuuch kamseupay beud”
Janda    :”baik klenting kuning sekarang kamu cuci semua baju ini”
K.merah:”jangan lupa menyapu kamarku”
K.Hijau  :”ini juga cuciin baju kami!!!”
K.kuning:”kenapa kalian jahat padaku?”
K.merah:”sudah pergi sana, lagian aku sudah enek lihat muka kamu, iiiuuuuuch”
K.kuning:”iya kak,(Merana)

         Disisi lain ande-ande lumut menjadi jejaka yg gagah perkasa, pada suatu hari ia mengadakan suatu kontes, untuk siapa yg layak menjadi jodohnya.

Kakek    :”Attention Bagi siapa yg mengikuti kontes ini akan menikah dengan pangeran!”
Janda :”kalian dengar semua itu, cepat berdandan dan segera mengikuti kontes tersebut”
K.merah:”ok yo’i do’i”

        Tanpa disengaja Klenting kuningpun mendengar pengumuman tersebut,seketika klenting merah,klenting hijau,dan klenting ungu mempersiapkan semuanya dengan baik,dan akhirnya mereka bergegas menuju tempat ande-ande lumut.

 Janda                   :”say.. yuhhhuuuu kita berangkat yuuuk”
Ku,kh,km:”yuuuk mari”
k.kuning:”bu?, apakah aku boleh ikut kontes tersebut?”
Janda    :”boleh jika pekerjaanmu sudah beres”
K.kuning:”baik bu.”

            Akhirnya janda dan 3 anaknya pun berangkat tapi di tengah-tengah perjalanan, mereka kebingungan karena terdapat sungai yg sangat luas, seketika munculah yuyu kangkang dengan niat bejadnya.

K.hijau  :”bagaimana bu kita menyebrangi sungai ini?”
K.merah:”iya bu cemana nich, cemana?”
K.ungu  :”masak sia-sia sich kita kan sudah siapin semuanya!”
  TIBA TIBA YUYU KANGKANGPUN MUNCUL
Yuyu kangkang  :”aku bisa membantu kalian menyebrangi sungai ini tapi ada satu syarat?”
Km,kh,ku             :”apa syaratnya kepiting bau”
Yuyu kangkang  :”kalian akan menyesal berkata seperti itu, syaratnya TINGGAL CIUM DAN BERES”
Km,kh,ku             :”Apa bu, aku tidak mau?”
Janda                    :”turuti saja nak, daripada kita sia-sia!”
K.merah               :”tapi bu?”
Janda                    :”ga’ ada tapi tapian, cepet turuti dia!”

                   Akhirnya mereka bertiga menuruti kemauan yuyu kangkang, tanpa disadari bau yuyu kangkang melekat pada ketiga anak janda tersebut, dan mereka tiba di depan gerbang tempat andae-ande lumut.

Nenek  :”ada yg bisa saya bantu gadis cantik”
K.merah:”kami ingin mengikuti kontes tersebut!”
K.hijau  :”iya nek kami kan cantik”
Nenek  :”siapa dulu yg akan masuk”

K.merah:”aku dulu saja nek”
K.hijau  :”ech ngga’ bisa donk aku dulu lach aku kan yg paling cantik?”
Nenek  :”daripada berebut gitu, kamu saja yg masuk duluan(dengan menunjuk klenting ungu)

        Tiba tiba ande-ande lumut berkata.

Ande ande lumut:”aku tidak mau semuanya nek, mereka bekas yuyu kangkang”
Nenek                    :”semuanya nenek minta ma’af karena ande ande lumut menolak kalian”
KM,KU,KH             :”haaaaaa.., ga’ bisa begitu..,? jangan bawa kami keluar!”(teriaknya)

      Setelah mereka ditolak, akhirnya K.kuningpun bernagkat ke tempat ande ande lumut, sebelum berangkat k.kuning telah diberi sesuatu agar ia tampak jelek, sesaimpai ditepi sungai tiba tiba yuyu kangkang datang.

Yuyu k.                 :”siapa kamu gadis jelek dan bau?, mau apa kamu kesini”
K.kuning:”aku ingin menyebrangi sungai ini”
Yuyu k. :”hahaha ngaca dulu sannah dasar jelek mau lewati sungai ini”
K.kuning:”aku akan memberimu hadiah jika kau menyebrangkan aku”
Yuyu K. :”apa hadiahnya?”
K.kuning:”ada saja , jika kamu mau akan aku berikan”
Yuyu k. :”Baiklah”

            Setelah disebrangkan k.kuningpun mencabuknya dengan cabuk yg Raja berikan kepadanya, dan yuyu kangkangpun menjadi manusia normal.

Yuyu k. :”thanks boook!”
K.kuning:”sami sareng”

            K.kuning pun tiba di tempat ande ande lumut, dan ia pun bergegas memasuki tempat ande ande lumut, seketika nenekpun kaget dan ingin mengusirnya.

Nenek  :”siapa kamu gadis jelek? Mau apa kamu disini?”
K.kuning:”aku K.kuning, aku ingin mengikuti kontes,!”
Nenek  :”ngaca dulu donk, siapa dirimu?”
K.kuning:”kan kontesnya siapa saja boleh ikut?
Nenek  :”Baiklah”

      Tiba tiba Ande ande lumut Turun dan menemui K.kuning.

Ande ande          :”walaupun kamu memang tidak sempurna, tapi hati kamu sangat sempurna”
K.kuning              :”enggak segitunya juga kok?”
Ande ande          :”aku sangat mencintaimu, maukah kamu menjadi istriku?”
K.kuning              :”oh.., pangeran benarkah?”
Ande ande          :”kupilih hatimu tak pernah kuragu, kupinang kau dengan bismillah!”
Nenek                  :”jika itu keputusanmu aku do’akan saja!”

      Akhirnya kelenting kuningpun menikah dengan ande ande lumut, dan kakekpun ingin mengetahui bagaimana nasib mereka berdu’a, dan kakekpun mencarikan peramal yg bisa meramalkan masa depan ande ande lumut.


Kakek                    :”Hai Peramal,aku ingin bertanya kepadamu tentang masa depan ande ande lumut.
Peramal:”yang aku lihat mereka akan hidup bahagia selamanya.”
Kakek    :”Benarkah?”
Peramal:”kok ngeyel siiich?? Ntar tak jiwit looeehh..?
Kakek                    :”trims ya, ini 50 keping emas untuk mu”
Peramal:”sama sama, bye bye.., daaa!”

             Akhirnya Sekar taji dan ande ande lumut hidup bahagia selamanya, di sisi lain semua kejahatan janda dan 3 anaknya pun terbongkar, dan akhirnya raja menceraikanya, dan ia mendapatkan akibat yg setimpal, dan akhirnya semua hidup tentram dan bahagia.

No comments:

Post a Comment